22 September 2019
Program Kerja Kesiswaan
Dudi Ridwan Cijagong
09.54
0
Bahan untuk di dokumenkan, ditelaah dan dilaksanakan. Perlu direvisi dan didesign sesuai ketentuan.
.....
.....
PROGRAM
KERJA WKM. KESISWAAN
POPI SYAPIAH, S.Pd
NIP. -----
BAB I
TUGAS WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN
Membantu kepala sekolah dalam
bidangnya antara lain :
1.
Mengkoordinir pemilihan pembina
OSIS
2.
Menyusun program OSIS bersama
dengan pembina OSIS
3.
Mengkoordinir pemilihan
pengurus OSIS bersama sama dengan pembina OSIS
4.
Mengkoordinir kegiatan ekstra
kurikuler siswa
5.
Mengkoordinir kegiatan yang
berkaitan dengan hari – hari besar nasional / hari besar lainnya Antara lain :
a.
PHBI (Peringatan hari besar
Indonesia ).
b.
Isro’ Mi’roj.
c.
Kegiatan Bulan Romadhon
d.
Hari pahlawan : Hari Kartini,
Hari Ibu, Hari pendidikan nasional , Kesaktian pancasila, hari kebangkitan
nasional
e.
Merencanakan kegiatan PSB
f.
Membantu kegiatan OSIS
g.
Menghimpun nilai ekstra
kurikuler semua siswa
h.
Merencanakan kegiatan MOS
i.
Melaksanakan kegiatan lain yang berhubungan
dengan urusan kesiswaan
BAB II
PERMASALAHAN
1.
Siswa yang masuk ke MTs.
Tauhidul Afkar Pagaralam umumnya berkwalitas tinggi, sebab berasal dari siswa
yang memiliki nilai rata-rata KKM 68 untuk kelas Reguler 70 untuk kelas
Prestasi.
2.
Keinginan masyarakat yang
tinggi untuk dapat menyekolahkan anaknya di MTs. Tauhidul Afkar Pagar Alam.
3.
Siswa yang masuk ke MTs.
Tauhidul Afkar ,merupakan siswa siswi yang berprestasi di SD/MI asal sekota Pagar
Alam.
4.
Prestasi , Bakat dan Minat yang
dimiliki oleh siswa cukup tinggi.
BAB III
PROGRAM KESISWAAN
NO WAKTU KEGIATAN
1.
Minggu kedua Bulan Juli 2019 Mengkoordinir pemilihan pembina OSIS
2.
Minggu ketiga Bulan Juli 2019 Menyusun
program OSIS bersama dengan pembina OSIS
3.
Minggu Pertama Bulan Agustus 2019 Mengkoordinir pemilihan pengurus OSIS
bersama sama dengan pembina OSIS .
a.
Minggu kedua bulan Agustus 2019 Pelantikan pengurus OSIS
4.
Menyesuaikan Mengkoordinir kegiatan ekstra kurikuler
siswa
a.
PMR
b.
Barata
c.
ECC
d.
Bola Basket, Bola Voley, Senam
e.
Pramuka
f.
Pecinta Alam
g.
Seni Tari, Seni Suara, Seni Teater,
Seni Musik
h.
Rohis
5.
Menyesuaikan Mengkoordinir kegiatan yang berkaitan
dengan hari – hari besar nasional / hari besar lainnya.
Antara lain : a. PHBN
a.
Isro’ Mi’roj.
b.
Idul Fitri
c.
Idul Adha
d.
Muharram
e.
Maulut Nabi
f.
Nuzulul Qur’an
6.
Menyesuaikan Mengkoordinir kegiatan yang berkaitan
dengan hari – hari besar nasional
Hari pahlawan
a.
Hari Kartini
b.
Hari Ibu
c.
Hari pendidikan nasional .
d.
Kesaktian pancasila
e.
hari kebangkitan nasional
f.
Sumpah pemuda
7.
Minggu kedua bulan Mei 2024 Merencanakan
kegiatan PSB
8.
Menyesuaikan Membantu kegiatan OSIS :
a.
LDK
b.
MPK
9.
Menyesuaikan Menghimpun nilai ekstra kurikuler semua
siswa
10.
Minggu ketiga bulan Mei 2024 Merencanakan kegiatan MOS
11.
Menyesuaikan Melaksanakan kegiatan lain yang berhubungan
dengan urusan kesiswaan
12.
Pertandingan persahabatan
a.
Volly
b.
Senam
c.
Basket
d.
Upacara Bendera
e.
futsal
"Info Sekolah" Lainnya
13.
VISI dan MISI OSIS MTS. TAUHIDUL AFKAR PERIODE 2010 - 2019
VISI
CERDAS DAN BERAKHLAK MULIA
MISI
Untuk mencapai VISI tersebut, MTs Tauhidul Afkar mengembangkan misi
sebagai berikut:
•
Meningkatkan mutu pembelajaran
•
Mewujudkan lingkungan Madrasah
yang berakhlakul karimah
• Mempersiapkan semua
pembelajaran Manusia yang berjiwa Kreativitas untuk melakukan inovasi-inovasi
dalam menjawab segala tantangan perubahan zaman yang didasari kepribadian IMTAQ
dan IPTEK
Indikator Pencapaian
•
Peningkatan nilai akademis
siswa meningkat dari tahun ke tahun
•
Pengembangan proses
penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan 8 standar
•
Pengembangan minat dan bakat
siswa
•
Tumbuhnya kerja sama dan
kebersamaan
TUJUAN MTs TAUHIDUL AFKAR
•
Terlaksananya pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku
•
Dapat memenuhi standar isi dan
standar proses
•
Memiliki sarana prasarana yang
memadai sesuai dengan kebutuhan
•
Terwujud kelembangan dan manajemen
madrasah yang dinamis;
20 September 2019
Komponen Akreditasi 2019 - Standar 3 SKL
Dudi Ridwan Cijagong
09.48
0
Pembuktian didukung dengan:
31. c
Pembuktian:
- 1) disediakan oleh sekolah ==> Program Sekolah/Rencana Kerja/Pelaksanaan Program
- 2) observasi langsung oleh assessor
- 3) wawancara langsung oleh assessor
32.
- 1) disediakan oleh sekolah ==> Rencana Kerja/Pelaksanaan kegiatan
- 2) observasi langsung oleh assessor
- 3) wawancara langsung oleh assessor
Dokumentasi, Catatan Konselor, Jurnal Siswa dan Guru
33.
- 1) disediakan oleh sekolah ==> Rencana Kerja/Pelaksanaan kegiatan literasi
- 2) observasi langsung oleh assessor
- 3) wawancara langsung oleh assessor
Dokumentasi
34.
- 1) disediakan oleh sekolah ==> Rencana, Laporan dan Dokumentasi Kesiswaan
- 2) wawancara langsung oleh assessor
- 3) observasi langsung oleh assessor
Daftar hadir, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan UKS, Kantin dan Bina Mental (Bina mental parah pisan nu kieu mah pan aya nu sanes). 22222Prestasi dalam bidang olahraga dan seni. 222222Catatan perkembangan siswa dari PJOK, Wali Kelas, Guru BK, dan Kepala Sekolah/Madrasah.
35.
- 1) disediakan oleh sekolah ==> Silabus, RPP, Portofolio dan Pelaporan Kegiatan, Penilaian
- 2) wawancara langsung oleh assessor
- 3) observasi langsung oleh assessor
36.
- 1) disediakan oleh sekolah ==> Program Pembelajaran, Laporan Praktik/Penelitian, Laporan Pelaksanan Studi Wisata, Seminar, Workshop, Peragaan, Pameran, Pementasan Seni. dll.
- 2) observasi langsung oleh assessor
- 3) wawancara langsung oleh assessor
37.
- 1) disediakan oleh sekolah ==> RPP, Laporan tugas dan Kegiatan oleh siswa, Bahan dan Dokumentasi presentasi tugas, SK Kepanitiaan, dan Laporan Kegiatan, Surat Tugas/SK penyusunan Program Sekolah.
- 2) observasi langsung oleh assessor
- 3) wawancara langsung oleh assessor
Komponen Akreditasi 2019
Dudi Ridwan Cijagong
09.00
0
Instrumen akreditasi SMP/MTS yang meliputi 8 (delapan) komponen sesuai dengan standar nasional pendidikan:
- Komponen standar isi nomor 1—9;
- Komponen standar proses nomor 10—30;
- Komponen standar kompetensi lulusan nomor 31—37;
- Komponen standar pendidik dan tenaga kependidikan nomor 38—56;
- Komponen standar sarana dan prasarana nomor 57—80;
- Komponen standar pengelolaan nomor 81—95;
- Komponen standar pembiayaan nomor 96—111; dan
- Komponen standar penilaian nomor 112—124.
Pembuktian:
- Komponen Standari Isi
- Komponen Standari Proses
- Komponen Standari Kompetensi Lulusan == fokus kerjaanku
- Bu Popi Syafi'ah, Aku sendiri Dudi Ridwan, dan Priyatna Wiguna
- Komponen Standari Pendidik dan Tenaga Kependidikan
- Komponen Standari Sarana dan Prasarana
- Komponen Standari Pengelolaan
- Komponen Standari Pembiayaan
- Komponen Standari Penilaian
Akreditasi 2017
Dudi Ridwan Cijagong
08.19
0
Sumber: https://ayomadrasah.blogspot.com/2017/04/instrumen-perangkat-akreditasi-smp-mts-2017.html
1. Instrumen dan Perangkat Akreditasi SMP-MTs Tahun 2017
Di awal artikel sudah dijelaskan bahwa perangkat akreditasi terbaru telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 003/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi untuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Peraturan ini sendiri, telah disahkan pada tanggal 10 Maret 2017 silam.
Dalam peraturan Nomor : 003/H/AK/2017 tersebut memuat antara lain:
- Instrumen Akreditasi
- Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditasi
- Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung
- Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi
Instrumen akreditasi SMP/MTs tahun 2017 memuat 8 komponen standar pendidikan nasional. Yang kesemuanya memuat 124 butir yang terdiri atas:
- Komponen Standar Isi, nomor 1 - 9 (9 butir)
- Komponen Standar Proses, nomor 10 - 30 (21 butir)
- Komponen Standar Kompetensi Lulusan, nomor 31 - 37 (7 butir)
- Komponen Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, nomor 38 - 56 (19 butir)
- Komponen Standar Sarana dan Prasarana, nomor 57 - 80 (24 butir)
- Komponen Standar Pengelolaan, nomor 81 - 95 (15 butir)
- Komponen Standar Pembiayaan, nomor 96 - 111 (16 butir)
- Komponen Standar Penilaian, nomor 112 - 124 (13 butir)
- Instrumen Akreditasi
- Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditasi
- Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung
- Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi
- Komponen Standar Isi, nomor 1 - 9 (9 butir)
- Komponen Standar Proses, nomor 10 - 30 (21 butir)
- Komponen Standar Kompetensi Lulusan, nomor 31 - 37 (7 butir)
- Komponen Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, nomor 38 - 56 (19 butir)
- Komponen Standar Sarana dan Prasarana, nomor 57 - 80 (24 butir)
- Komponen Standar Pengelolaan, nomor 81 - 95 (15 butir)
- Komponen Standar Pembiayaan, nomor 96 - 111 (16 butir)
- Komponen Standar Penilaian, nomor 112 - 124 (13 butir)
2. Peringkat Nilai Akreditasi 2017
Yang juga mengalami perubahan adalah sistem penilaian dan pemeringkatan hasil akreditasi tahun 2017. Ini berlaku bagi semua jenjang pendidikan termasuk akreditasi SMP/MTs.
Pemeringkatannya dikategorikan dalam dua kelompok yaitu Sekolah/Madrasah terakreditasi dengan peringkat A, B, dan C, serta Sekolah/Madrasah tidak terakreditasi.
- Sekolah/Madrasah memperoleh peringkat akreditasi dengan ketentuan sebagai berikut:
- Memperoleh nilai antara 91 - 100, mendapatkan peringkat A (Unggul)
- Memperoleh nilai antara 81 - 90, mendapatkan peringkat B (Baik), dan\
- Memperoleh nilai antara 71 - 80, mendapatkan peringkat C (Cukup)
- Sekolah/Madrasah yang tidak terakreditasi adalah yang mendapatkan nilai akhir sebagai berikut:
- Memperoleh nilai antara 61 - 70 (Peringkat akreditasi D atau Kurang)
- Memperoleh nilai antara 0 - 60 (Peringkat akreditasi E atau Sangat Kurang)
- Sekolah/Madrasah memperoleh peringkat akreditasi dengan ketentuan sebagai berikut:
- Memperoleh nilai antara 91 - 100, mendapatkan peringkat A (Unggul)
- Memperoleh nilai antara 81 - 90, mendapatkan peringkat B (Baik), dan\
- Memperoleh nilai antara 71 - 80, mendapatkan peringkat C (Cukup)
- Sekolah/Madrasah yang tidak terakreditasi adalah yang mendapatkan nilai akhir sebagai berikut:
- Memperoleh nilai antara 61 - 70 (Peringkat akreditasi D atau Kurang)
- Memperoleh nilai antara 0 - 60 (Peringkat akreditasi E atau Sangat Kurang)
3. Download Instrumen dan Perangkat Akreditasi SMP-MTs 2017
Instrumen dan perangkat akreditasi SMP/MTs Tahun 2017 sebagaimana Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 003/H/AK/2017 dapat diunduh di situs resmi BAN-SM. Sebagai alternatif, Blog Ayo Madrasah telah menyediakan link mirror download. Untuk mengunduhnya, silakan klik link berikut ini:
- Instrumen dan Perangkat Akreditasi SMP-MTs 2017, KLIK DI SINI
- POS Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah 2017, KLIK DI SINI
BARU:
Demikian instrumen dan perangkat akreditasi SMP/MTS tahun 2017. Tentunya instrumen dan perangkat tersebut akan sangat bermanfaat bagi madrasah yang hendak mengikuti akreditasi di tahun 2017 ini.
- Instrumen dan Perangkat Akreditasi SMP-MTs 2017, KLIK DI SINI
- POS Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah 2017, KLIK DI SINI
BARU:
Demikian instrumen dan perangkat akreditasi SMP/MTS tahun 2017. Tentunya instrumen dan perangkat tersebut akan sangat bermanfaat bagi madrasah yang hendak mengikuti akreditasi di tahun 2017 ini.
Kontak dan Donasi
Kontak
MTs. Tauhidul Afkar
Jl. Hanjawar-Pacet KM. 6
Cianjur 43253
Yawa Barat, Indonesia
Yawa Barat, Indonesia
- Layanan Setiap Hari Kerja - Minggu Libur
- Phone: (0263) 253 3206
- +62-NOTELPKETUA
- emteestauhidulafkar@gmail.com
Donasi
- Rekening MTs. Tauhidul Afkar
- Bank:
- No. Rekening: ----------- | An/: MTs. Tauhidul Afkar