22 September 2019

Program Kerja Kesiswaan

Bahan untuk di dokumenkan, ditelaah dan dilaksanakan. Perlu direvisi dan didesign sesuai ketentuan.
.....

PROGRAM KERJA WKM. KESISWAAN
POPI SYAPIAH, S.Pd
NIP. -----

BAB I
TUGAS WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN

Membantu kepala sekolah dalam bidangnya antara lain :
1.              Mengkoordinir pemilihan pembina OSIS
2.              Menyusun program OSIS bersama dengan pembina OSIS
3.              Mengkoordinir pemilihan pengurus OSIS bersama sama dengan pembina OSIS
4.              Mengkoordinir kegiatan ekstra kurikuler siswa
5.              Mengkoordinir kegiatan yang berkaitan dengan hari – hari besar nasional / hari besar lainnya Antara lain :
a.         PHBI (Peringatan hari besar Indonesia ).
b.        Isro’ Mi’roj.
c.         Kegiatan Bulan Romadhon
d.        Hari pahlawan : Hari Kartini, Hari Ibu, Hari pendidikan nasional , Kesaktian pancasila, hari kebangkitan nasional
e.        Merencanakan kegiatan PSB
f.          Membantu kegiatan OSIS
g.         Menghimpun nilai ekstra kurikuler semua siswa
h.        Merencanakan kegiatan MOS
i.           Melaksanakan kegiatan lain yang berhubungan dengan urusan kesiswaan

BAB II
PERMASALAHAN

1.              Siswa yang masuk ke MTs. Tauhidul Afkar Pagaralam umumnya berkwalitas tinggi, sebab berasal dari siswa yang memiliki nilai rata-rata KKM 68 untuk kelas Reguler 70 untuk kelas Prestasi.
2.              Keinginan masyarakat yang tinggi untuk dapat menyekolahkan anaknya di MTs. Tauhidul Afkar Pagar Alam.
3.              Siswa yang masuk ke MTs. Tauhidul Afkar ,merupakan siswa siswi yang berprestasi di SD/MI asal sekota Pagar Alam.
4.              Prestasi , Bakat dan Minat yang dimiliki oleh siswa cukup tinggi.

BAB III
PROGRAM KESISWAAN
NO         WAKTU KEGIATAN
1.              Minggu kedua Bulan Juli 2019        Mengkoordinir pemilihan pembina OSIS
2.              Minggu ketiga Bulan Juli  2019        Menyusun program OSIS bersama dengan pembina OSIS
3.              Minggu Pertama Bulan Agustus 2019          Mengkoordinir pemilihan pengurus OSIS bersama sama dengan pembina OSIS .
a.         Minggu kedua bulan Agustus 2019     Pelantikan pengurus OSIS
4.              Menyesuaikan     Mengkoordinir kegiatan ekstra kurikuler siswa
a.         PMR
b.        Barata
c.         ECC
d.        Bola Basket, Bola Voley, Senam
e.        Pramuka
f.          Pecinta Alam
g.         Seni Tari, Seni Suara, Seni Teater, Seni Musik
h.        Rohis
5.              Menyesuaikan     Mengkoordinir kegiatan yang berkaitan dengan hari – hari besar nasional / hari besar lainnya.
Antara lain : a. PHBN
a.         Isro’ Mi’roj.
b.        Idul Fitri
c.         Idul Adha
d.        Muharram
e.        Maulut Nabi
f.          Nuzulul Qur’an
6.              Menyesuaikan     Mengkoordinir kegiatan yang berkaitan dengan hari – hari besar nasional
Hari pahlawan
a.         Hari Kartini
b.        Hari Ibu
c.         Hari pendidikan nasional .
d.        Kesaktian pancasila
e.        hari kebangkitan nasional
f.          Sumpah pemuda
7.              Minggu kedua bulan Mei  2024      Merencanakan kegiatan PSB
8.              Menyesuaikan     Membantu kegiatan OSIS :
a.         LDK
b.        MPK
9.              Menyesuaikan     Menghimpun nilai ekstra kurikuler semua siswa
10.          Minggu ketiga bulan Mei 2024       Merencanakan kegiatan MOS
11.          Menyesuaikan     Melaksanakan kegiatan lain yang berhubungan dengan urusan kesiswaan
12.          Pertandingan persahabatan
a.         Volly
b.        Senam
c.         Basket
d.        Upacara Bendera
e.        futsal
"Info Sekolah" Lainnya
13.          VISI dan MISI OSIS MTS. TAUHIDUL AFKAR  PERIODE 2010 - 2019
VISI
CERDAS DAN BERAKHLAK MULIA
MISI
Untuk mencapai VISI tersebut, MTs Tauhidul Afkar mengembangkan misi sebagai berikut:
             Meningkatkan mutu pembelajaran
             Mewujudkan lingkungan Madrasah yang berakhlakul karimah
      Mempersiapkan semua pembelajaran Manusia yang berjiwa Kreativitas untuk melakukan inovasi-inovasi dalam menjawab segala tantangan perubahan zaman yang didasari kepribadian IMTAQ dan IPTEK
Indikator Pencapaian
             Peningkatan nilai akademis siswa meningkat dari tahun ke tahun
             Pengembangan proses penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan 8 standar
             Pengembangan minat dan bakat siswa
             Tumbuhnya kerja sama dan kebersamaan
TUJUAN MTs TAUHIDUL AFKAR
             Terlaksananya pembelajaran sesuai  dengan kurikulum yang berlaku
             Dapat memenuhi standar isi dan standar proses
             Memiliki sarana prasarana yang memadai sesuai dengan kebutuhan
             Terwujud kelembangan dan manajemen madrasah yang dinamis;

20 September 2019

Komponen Akreditasi 2019 - Standar 3 SKL

Pembuktian didukung dengan:
31. c
Pembuktian:
  1. 1) disediakan oleh sekolah ==> Program Sekolah/Rencana Kerja/Pelaksanaan Program
  2. 2) observasi langsung oleh assessor
  3. 3) wawancara langsung oleh assessor
32.
  1. 1) disediakan oleh sekolah ==> Rencana Kerja/Pelaksanaan kegiatan
  2. Dokumentasi, Catatan Konselor, Jurnal Siswa dan Guru
  3. 2) observasi langsung oleh assessor
  4. 3) wawancara langsung oleh assessor
33.
  1. 1) disediakan oleh sekolah ==> Rencana Kerja/Pelaksanaan kegiatan literasi
  2. Dokumentasi
  3. 2) observasi langsung oleh assessor
  4. 3) wawancara langsung oleh assessor
34.
  1. 1) disediakan oleh sekolah ==> Rencana, Laporan dan Dokumentasi Kesiswaan
  2. Daftar hadir, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan UKS, Kantin dan Bina Mental (Bina mental parah pisan nu kieu mah pan aya nu sanes). 22222Prestasi dalam bidang olahraga dan seni. 222222Catatan perkembangan siswa dari PJOK, Wali Kelas, Guru BK, dan Kepala Sekolah/Madrasah.
  3. 2) wawancara langsung oleh assessor
  4. 3) observasi langsung oleh assessor
35.
  1. 1) disediakan oleh sekolah ==> Silabus, RPP, Portofolio dan Pelaporan Kegiatan, Penilaian
  2. 2) wawancara langsung oleh assessor
  3. 3) observasi langsung oleh assessor
36.
  1. 1) disediakan oleh sekolah ==> Program Pembelajaran, Laporan Praktik/Penelitian, Laporan Pelaksanan Studi Wisata, Seminar, Workshop, Peragaan, Pameran, Pementasan Seni. dll.
  2. 2) observasi langsung oleh assessor
  3. 3) wawancara langsung oleh assessor
37.
  1. 1) disediakan oleh sekolah ==> RPP, Laporan tugas dan Kegiatan oleh siswa, Bahan dan Dokumentasi presentasi tugas, SK Kepanitiaan, dan Laporan Kegiatan, Surat Tugas/SK penyusunan Program Sekolah.
  2. 2) observasi langsung oleh assessor
  3. 3) wawancara langsung oleh assessor

Komponen Akreditasi 2019

Instrumen akreditasi SMP/MTS yang meliputi 8 (delapan) komponen sesuai dengan standar nasional pendidikan:
  1. Komponen standar isi nomor 1—9;
  2. Komponen standar proses nomor 10—30;
  3. Komponen standar kompetensi lulusan nomor 31—37;
  4. Komponen standar pendidik dan tenaga kependidikan nomor 38—56;
  5. Komponen standar sarana dan prasarana nomor 57—80;
  6. Komponen standar pengelolaan nomor 81—95;
  7. Komponen standar pembiayaan nomor 96—111; dan
  8. Komponen standar penilaian nomor 112—124.
Pembuktian:

  1. Komponen Standari Isi

  2. Komponen Standari Proses

  3. Komponen Standari Kompetensi Lulusan == fokus kerjaanku
    • Bu Popi Syafi'ah, Aku sendiri Dudi Ridwan, dan Priyatna Wiguna
  4. Komponen Standari Pendidik dan Tenaga Kependidikan

  5. Komponen Standari Sarana dan Prasarana

  6. Komponen Standari Pengelolaan

  7. Komponen Standari Pembiayaan

  8. Komponen Standari Penilaian

Akreditasi 2019


Buka disini

=======

=======

Akreditasi 2017

Sumber: https://ayomadrasah.blogspot.com/2017/04/instrumen-perangkat-akreditasi-smp-mts-2017.html

1. Instrumen dan Perangkat Akreditasi SMP-MTs Tahun 2017


Di awal artikel sudah dijelaskan bahwa perangkat akreditasi terbaru telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 003/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi untuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Peraturan ini sendiri, telah disahkan pada tanggal 10 Maret 2017 silam.

Dalam peraturan Nomor : 003/H/AK/2017 tersebut memuat antara lain:
  • Instrumen Akreditasi
  • Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditasi
  • Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung
  • Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi

Instrumen akreditasi SMP/MTs tahun 2017 memuat 8 komponen standar pendidikan nasional. Yang kesemuanya memuat 124 butir yang terdiri atas:
  • Komponen Standar Isi, nomor 1 - 9 (9 butir)
  • Komponen Standar Proses, nomor 10 - 30 (21 butir)
  • Komponen Standar Kompetensi Lulusan, nomor 31 - 37 (7 butir)
  • Komponen Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, nomor 38 - 56 (19 butir)
  • Komponen Standar Sarana dan Prasarana, nomor 57 - 80 (24 butir)
  • Komponen Standar Pengelolaan, nomor 81 - 95 (15 butir)
  • Komponen Standar Pembiayaan, nomor 96 - 111 (16 butir)
  • Komponen Standar Penilaian, nomor 112 - 124 (13 butir)

2. Peringkat Nilai Akreditasi 2017


Yang juga mengalami perubahan adalah sistem penilaian dan pemeringkatan hasil akreditasi tahun 2017. Ini berlaku bagi semua jenjang pendidikan termasuk akreditasi SMP/MTs.

Pemeringkatannya dikategorikan dalam dua kelompok yaitu Sekolah/Madrasah terakreditasi dengan peringkat A, B, dan C, serta Sekolah/Madrasah tidak terakreditasi.
  • Sekolah/Madrasah memperoleh peringkat akreditasi dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Memperoleh nilai antara 91 - 100, mendapatkan peringkat A (Unggul)
    • Memperoleh nilai antara 81 - 90, mendapatkan peringkat B (Baik), dan\
    • Memperoleh nilai antara 71 - 80, mendapatkan peringkat C (Cukup)
  • Sekolah/Madrasah yang tidak terakreditasi adalah yang mendapatkan nilai akhir sebagai berikut:
    • Memperoleh nilai antara 61 - 70 (Peringkat akreditasi D atau Kurang)
    • Memperoleh nilai antara 0 - 60 (Peringkat akreditasi E atau Sangat Kurang)

3. Download Instrumen dan Perangkat Akreditasi SMP-MTs 2017


Instrumen dan perangkat akreditasi SMP/MTs Tahun 2017 sebagaimana Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 003/H/AK/2017 dapat diunduh di situs resmi BAN-SM. Sebagai alternatif, Blog Ayo Madrasah telah menyediakan link mirror download. Untuk mengunduhnya, silakan klik link berikut ini:
  • Instrumen dan Perangkat Akreditasi SMP-MTs 2017, KLIK DI SINI
  • POS Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah 2017, KLIK DI SINI


BARU:

Demikian instrumen dan perangkat akreditasi SMP/MTS tahun 2017. Tentunya instrumen dan perangkat tersebut akan sangat bermanfaat bagi madrasah yang hendak mengikuti akreditasi di tahun 2017 ini.

Kontak dan Donasi

Kontak

MTs. Tauhidul Afkar
Jl. Hanjawar-Pacet KM. 6 Cianjur 43253
Yawa Barat, Indonesia
  • Layanan Setiap Hari Kerja - Minggu Libur
  • Phone: (0263) 253 3206
  •   +62-NOTELPKETUA
  • emteestauhidulafkar@gmail.com

Donasi

  • Rekening MTs. Tauhidul Afkar
  • Bank:
  • No. Rekening: ----------- | An/: MTs. Tauhidul Afkar

Lokasi MTs. Tauhidul Afkar

Lokasi SMAPTA

Yapista Pagesite

Yapista Bisa