PROPOSAL
PERMOHONAN BANTUAN PEMBANGUNAN
2 RUANG KELAS BARU ( RKB )
DANA HIBAH TAHUN 2021
Yayasan Pendidikan Islam Tauhidul
Afkar
Nomor : MTs.10.03.067/PP.005/SK/045/VI/2021 Pacet, 10 Juni
2021
Lampiran : 1 (Satu) Berkas
Perihal : Permohonan
Bantuan Ruang Kelas Baru
Kepada
Yth. Bapak Gubernur
Provinsi Jawa Barat
Di –
Bandung
Assalamu’alaikumWr. Wb.
Salam silaturrahim kami haturkan, semoga
kita senantiasa berada dalam lindungan, bimbingan arahan serta ampunan Allah SWT.Amin.
Selanjutnya, dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan Yayasan Pendidikan Islam Tauhidul Afkar
kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur Cianjur Provinsi Jawa Barat salah satunya
harus didukung oleh Standar Sarana dan Prasarana yang memadai agar suasana belajar lebih efektif dan efesien. Maka
dengan hal tersebut kami memohon kepada Gubernur Jawa Barat untuk sudi kiranya
dapat memberikan Bantuan
Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) sebesar Rp. 300,000,000,- (Tiga ratus Juta rupiah).
Sebagai bahanpertimbangan kami lampirkan hal-hal sebagai berikut
:
1.
Profil Madrasah
2.
Foto Cofy Nomor Statistik Madrasah;
3.
Foto CofyI jin Operasional;
4.
Foto Cofy Akta Notaris
Yayasan;
5.
Foto Cofy NPWP Yayasan;
6.
Foto Cofy SK Panitia Pelaksana;
7.
Rencana Anggaran Biaya (RAB);
8.
Foto cofy Rekening BRI Madrasah
9.
Pernyataan bahwa kegiatan tidak duplikasi biaya.
10. Pernyataan tidak menerima hibah
tahun sebelumnya
11. Akta kepemilikan status tanah yang akan dibangun.
PERMOHONAN BANTUAN
PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU (RKB)
MTs Tauhidul Afkar
TAHUN ANGGARAN 2021
|
|
Cianjur, 10 Juni 2021 |
Komite Madrasah Ahmad Bariji, S.Pd. |
|
Kepala Madrasah Ai Maskuroh, SE |
|
Mengetahui Ketua Yayasan KH. Adang Rosyidin |
|
BAB I PENDAHULUAN
Animo masyarakat terhadap mutu
pendidikan di Madrasah pada saat ini sangatlah meningkat, hal ini dapat dilihat
dari jumlah masyarakat yang mendaftar ke Madrasah terus
bertambah. Setiap awal tahun mata ajaran para orang tua ada kecenderungan
menyekolahkan putra-putrinya di Madrasah. Ada nilai tambah dalam kurikulum
pembelajaran di Madrasah yang langsung dapat dirasakan oleh masyarakat yaitu
nilai-nilai agama selalu ditanamkan kepada siswa/i di Madrasah sehingga para
lulusannya memiliki akhlak yang baik disamping siswa/i di Madrasah tersebut
dapat bersaing dalam mata pelajaran umum terhadap sekolah umum lainnya.
Ketersediaan prasarana pembelajaran
berupa ruang kelas yang semakin banyak sangat dibutuhkan oleh siswa/i dalam
proses belajar mengajar, untuk mengatasi bertambahnya jumlah pendaftar yang
semakin banyak. Sehingga Pemerintah Provinsi Jawa Barat selalu memberi dukungan
berupa Bantuan Dana Pembangunan Ruang Kelas Baru pada tahun 2021 untuk Madrasah
Tsanawiyah Tauhidul Afkar Sukanagalih Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur
Provinsi Jawa Barat. Diharapkan Bantuan Hibah tersebut dapat mengatasi salah
satu kendala yaitu kurangnya ruang kelas belajar terhadap minat masyarakat
terhadap pendidikan di Madrasah yang dari tahun ke tahun semakin meningkat.
Bantuan pembangunan ruang kelas baru
untuk Madrasah Tsanawiyah Tauhidul Afkar Sukanagalih Kecamatan Pacet Kabupaten
Cianjur Provinsi Jawa Barat merupakan Bantuan Hibah yang diberikan secara utuh
dan dilaksanakan secara swakelola dengan melibatkan unsur dari masyarakat.
Dengan bantuan tersebut diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada
siswa/i dalam menjalan proses belajar mengajar, disamping itu bantuan tersebut
dapat meningkatkan akses pendidikan di Madrasah.
Di sisi lain, pemerintah telah
menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan, guna menjamin terjaminnya standar pendidikan memadai. Salah satu
aspek dari standar nasional pendidikan adalah Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 24 tahun 2007 tentang Standar Sarana Prasarana SD/MI, SLTP/MTs,
SMA/MA. Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa standar pada sebuah SMA/MA
sekurang-kurangnya memiliki 18 aspek prasarana: ruang kelas, ruang
perpustakaan, ruang laboratorium biologi, ruang laboratorium fisika, ruang
laboratorium kimia, ruang laboratorium
komputer, ruang laboratorium bahasa,
ruang pimpinan, ruang guru, ruang tata usaha, tempat beribadah, ruang
konseling, ruang UKS, ruang organisasi kesiswaan, jamban, gudang, ruang
sirkulasi, tempat bermain/berolahraga. Ruang kelas merupakan aspek yang pertama
dimana ruang kelas merupakan sebuah tempat proses pembelajaran dan interaksi
langsung antara tenaga pendidik dengan peserta didik. Proses belajar mengajar
akan berjalan dengan baik apabila peserta didik akan merasakan aman dan nyaman
dalam mengikuti pembelajaran, dan hal ini akan menghasilkan mutu pendidikan
yang lebih baik.
Program
Bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru Madrasah Tsanawiyah Tauhidul Afkar
Sukanagalih Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2021 ini berpedoman pada peraturan perundang-undangan dan ketentuan dasar
sebagai berikut :
a.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
b.
PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
c.
Permendiknas No. 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana Prasarana SD/MI,
SLTP/MTs, dan SMA/MA;
d.
Permenag No. 10 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian
Agama;
e.
Permendagri No. 32 Tahun 2011 dan Permendagri No. 39 Tahun 2012 tentang
Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang Bersumber dari APBD
f.
Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Yayasan Maulana Yusuf, Pasal 3
Ayat 1.
g.
Hasil Rapat Pengurus Yayasan, Komite Madrasah dan Kepala Madrasah dan
Dewan Guru tentang Pembentukan Panitia Pembangunan Ruang Kelas Baru, pada
tanggal 11 Juli 2020.
C.
Maksud dan Tujuan
Maksud
dari bantuan ini adalah peningkatan akses/daya tampung dalam pemenuhan ruang
belajar madrasah yang memenuhi standar agar anak didik merasakan aman dan
nyaman dalam mengikuti pembelajaran sehingga menghasilkan lulusan yang bermutu,
taat beragama, cerdas, mandiri, beriman, bertaqwa kepada Allah SWT. dan berakhlakul
karimah.
Tujuan dari program bantuan tersebut di
atas adalah:
a.
Penyediaan terhadap kekurangan ruang kelas belajar di madrasah;
b.
Mendukung program pemerataan pendidikan pada madrasah;
c.
Mendukung tercapainya Standar Nasional Pendidikan (SNP);
d.
Menambah ruang kelas belajar pada madrasah yang memilik jumlah siswa
yang meningkat.
D.
Rencana Penggunaan Bantuan Dana
Rencana
Penggunaan Dana Hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan digunakan untuk
pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) Madrasah Tsanawiyah Tauhidul Afkar
Sukanagalih Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Dana bantuan
digunakan untuk pembangunan ruang kelas baru. Besarnya dana Bantuan Pembangunan
Ruang Kelas Baru yang yang kami usulkan untuk Madrasah Tsanawiyah Tauhidul
Afkar Sukanagalih Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat sebesar
Rp.300.000.000 ( Tiga Ratus Juta Rupiah Rupiah) untuk
Pembangunan 2 (dua) Ruang Kelas Baru.
Dana
digunakan sesuai dengan jenis program Bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru yang
diterima. Apabila terdapat sisa anggaran dari anggaran pembangunan ruang kelas
baru yang diterima madrasah, maka sisa anggaran dapat digunakan untuk kegiatan
dengan prioritas sebagai berikut :
a.
Merehabilitasi ruang kelas;
b.
Merehabilitasi jaringan air bersih, sanitasi, kamar mandi/wc;
c.
Merehabilitasi ruang lainnya, seperti : ruang guru, ruang kepala
madrasah dan ruang perpustakaan.
Apabila
sudah tidak ada lagi kegiatan rehabilitasi sebagaimana pada poin 2 a, b dan c
yang dapat dilakukan maka dana bantuan harus disetorkan kembali ke Kementerian
Agama RI. Penggunaan dana dilakukan seefisien mungkin dan digunakan sesuai
tingkat kebutuhan.
E.
Rencana Anggaran Biaya (RAB)
Rencana
Anggaran Biaya (RAB) pembangunan Ruang Kelas Baru (RAB) Madrasah Tsanawiyah
Tauhidul Afkar Sukanagalih Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa
Barat, sebagaimana terlampir.
F.
Sasaran Program Kegiatan
Sasaran
program kegiatan ruang kelas baru adalah untuk peningkatan akses/daya tampung
dalam pemenuhan ruang belajar madrasah yang memenuhi standar agar anak didik
merasakan aman dan nyaman dalam mengikuti pembelajaran sehingga menghasilkan
lulusan yang bermutu, taat beragama, cerdas, mandiri, beriman, bertaqwa kepada
Allah SWT. dan berakhlakul karimah. Secara spesifik sasaran program kegiatan
diantaranya :
a.
Terpenuhinya terhadap kekurangan ruang kelas belajar di madrasah;
b.
Terpenuhinya program pemerataan pendidikan pada madrasah;
c.
Tercapainya Standar Nasional Pendidikan (SNP);
d.
Tertambahnya ruang kelas belajar pada madrasah yang memilik jumlah siswa
yang meningkat.
G.
Surat Pernyataan bahwa kegiatan tidak duplikasi biaya
Surat
Pernyataan bahwa kegiatan tidak duplikasi biaya, sebagaimana terlampir.
BAB II
TUGAS DAN
TANGGUNG JAWAB
A.
Tingkat Madrasah
Pelaksanaan
Bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru dilaksanakan secara swakelola dengan
melibatkan komite madrasah.Pembentukan panitia pembangunan ruang kelas baru difasilitasi
oleh Kepala Madrasah/Yayasan. Adapun susunan panitia adalah sebagai berikut :
No. |
Jabatan |
Unit Kerja/Unsur |
Keterangan |
1. |
Penanggung Jawab |
Ketua Yayasan Kepala Madrasah |
|
2. |
Ketua |
Wakil Kepala Madrasah, Guru/Komite |
Disepakati Dalam Rapat |
3. |
Sekretaris |
Guru/Komite |
Disepakati Dalam Rapat |
4. |
Bendahara |
Bendahara Rutin/Guru Tetap |
Disepakati Dalam Rapat |
5. |
Administrasi Keuangan |
Guru/Komite |
Disepakati Dalam Rapat |
6. |
Kepala Bidang Teknis |
Komite |
Memiliki Pengalaman dan Kemampuan dalam
Bidang Pembangunan Fisik |
B.
Sifat dan Tanggung Jawab Panitia
Dalam
pemilihan Panitia diwajibkan memiliki persyaratan dan memilih pada personel
yang memiliki sifat : jujur, amanah, tanggungjawab, dapat dipercaya,
professional di bidangnya, berdedikasi tinggi, integritas dan terbuka.
Panitia
adalah warga madrasah yang dipilih dan dibentuk secara demokratis dalam forum
rapat madrasah yang dipimpin oleh kepala madrasah dan dihadiri oleh unsur
yayasan, komite madrasah, para guru, wali murid dan unsur tokoh masyarakat
setempat yang memiliki kepedulian terhadap pembangunan pendidikan.
Adapun
tugas dan tanggung jawab Panitia adalah sebagai berikut:
1.
Menggalang partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan ruang
kelas baru untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam bidang pendidikan;
2.
Melaksanakan pembangunan ruang kelas secara swakelola;
3.
Memilih dan menetapkan perencanaan/pengawas di tingkat madrasah;
4.
Memberikan arahan kepada perencana dan secara bersamasama menyusun rencana dan waktu pelaksanaan pembangunan
5.
Memilih dan menetapkan pekerja sesuai dengan keahliannya;
6.
Mencairkan dana bantuan pembangunan ruang kelas baru yang masuk ke
rekening madrasah secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan menggunakan dana
bantuan sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB);
7.
Rencana Anggaran Biaya (RAB) disusun oleh panitia dan diketahui oleh
Dinas PU/Kimpraswil Kabupaten Cianjur;
8.
Membuat Berita Acara
Revisi Pekerjaan apabila dalam proses pelaksanaan program membutuhkan
perubahan;
9.
Mengadministrasikan dan mendokumentasikan segala kegiatan berkenaan
dengan kegiatan pembangunan;
10.
Menyusun dan membuat laporan pertanggungjawaban realisasi penggunaan
dana sesuai RAB.
C.
Prosedur Pembentukan Panitia
Setelah
madrasah penerima bantuan menerima surat pemberitahuan serta seluruh dokumen
terkait, kepala madrasah bersama komite madrasah dan yayasan segera
menyelenggarakan rapat umum dengan agenda yaitu untuk (i) mensosialisasikan
Program Bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru, (ii) membentuk panitia
pembangunan dan (iii) mensosialisasikan tata kerja dan job deskription panitia.
Prosedur pemilihan personalia panitia pembangunan dilakukan secara demokratis,
dengan mengutamakan asas musyawarah untuk mufakat.
BAB III PENDANAAN
A.
Sumber Dana dan Besaran Alokasi Dana
Sumber
dana berasal dari Kementerian Agama Republik Indonesiayang diperuntukan untuk
pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) Madrasah Tsanawiyah Tauhidul Afkar
Sukanagalih Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Dana bantuan
digunakan untuk pembangunan ruang kelas baru. Besarnya dana Bantuan Pembangunan
Ruang Kelas Baru yang yang kami usulkan untuk Madrasah Tsanawiyah Tauhidul
Afkar Sukanagalih Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat sebesar
Rp.300.000.000 ( Tiga Ratus Juta Rupiah) untuk
Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB).
B.
Ruang Lingkup dan Penggunaan Dana
1.
Dana digunakan sesuai dengan jenis program Bantuan Pembangunan Ruang
Kelas Baru yang diterima;
2.
Apabila terdapat sisa anggaran dari anggaran pembangunan ruang kelas
baru yang diterima madrasah, maka sisa anggaran dapat digunakan untuk kegiatan
dengan prioritas sebagai berikut :
a. Merehabilitasi ruang kelas;
b. Merehabilitasi jaringan air bersih,
sanitasi, kamar mandi/wc;
c. Merehabilitasi ruang lainnya, seperti :
ruang guru, ruang kepala madrasah dan ruang perpustakaan.
3.
Apabila sudah tidak ada lagi kegiatan rehabilitasi sebagaimana pada poin
2 a, b dan c yang dapat dilakukan maka dana bantuan harus disetorkan kembali ke
Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat;
4.
Penggunaan dana dilakukan seefisien mungkin dan digunakan sesuai tingkat
kebutuhan;
5.
Bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru tidak boleh digunakan untuk :
a.
Selain peruntukan yang sudah direncanakan melalui RAB;
b.
Administrasi kegiatan;
c.
Penyiapan kegiatan fisik;
d.
Penelitian;
e.
Pelatihan;
f.
Perjalanan dinas;
g.
Biaya izin mendirikan bangunan, pembebasan tanah, pematangan tanah, dan
sebagainya;
h.
Diinvestasikan pada kegiatan produktif, misalnya untuk modal beternak,
berdagang, dan sebagainya;
i.
Dipinjamkan kepada siapapun dengan alasan apapun;
j.
Disimpan di bank dalam jangka waktu tertentu dengan tujuan memperoleh
keuntungan;
C.
Pengelolaan Dana
Pengelolaan
dana menjadi tanggung jawab Kepala Madrasah penerima program bersama-sama
Panitia pembangunan di bawah pengawasan Komite/Yayasan. Pada prinsipnya
kegiatan pengelolaan dana mencakup pencatatan penerimaan dan pengeluaran
sehingga memudahkan proses pelaporan dan pengawasan, antara lain sebagai
berikut :
1.
Pembukuan
a.
Setiap transaksi harus didukung dengan bukti yang sah sesuai RAB;
b.
Setiap pengeluaran minimal Rp. 1.000.000 harus dibubuhi materai Rp.10.000,-;
c.
Semua bukti pengeluaran harus
jelas uraian mengenai barang/jasa yang dibayar, tanggal, dan nomor bukti;
d.
Seluruh penerimaan dan pengeluaran uang agar dicatat/dibukukan dalam
buku penerimaan dan pengeluaran;
e.
Semua transaksi baik
penerimaan maupun pengeluaran dibukukan/dicatat sesuai urutan kejadiannya;
f.
Melampirkan seluruh bukti pembelanjaan;
g.
Pada akhir pelaksanaan, buku tersebut ditutup, dihitung saldonya,
dicocokkan dengan saldo uang yang ada, baik di Kas atau di Bank;
Tata cara pengelolaan keuangan Panitia
secara garis besar yang meliputi : Pembukuan keuangan, pengelompokkan jenis
pengeluaran, cara pengisian buku kas umum, rekapitulasi pengeluaran, laporan
keuangan dan pengarsipan dokumen keuangan.
2.
Dokumen Pendukung Pembukuan
a.
Kuitansi/tanda bukti pembayaran/nota/bon asli dari pihak yang menerima
pembayaran;
b.
Bukti transaksi lainnya;
c.
Semua dokumen yang ditandatangani panitia pembangunan harus distempel
Madrasah;
d.
Melampirkan foto perkembangan saat pembangunan ruang kelas baru dan saat
serah terima ruang kelas baru yang sudah dibangun.
BAB IV
PERSIAPAN DAN
PELAKSANAAN PEKERJAAN
A. Persiapan Pelaksanaan Pekerjaan
Setelah
menerima informasi sebagai penerima bantuan segera membentuk Panitia dengan
prosedur sebagaimana diuraikan di atas. Selanjutnya Kepala Madrasah bersama Panitia mempersiapkan dokumen yang
terkait dengan pencairan yang dikoordinasikan dengan Komite/Pengurus Yayasan. Panitia segera melakukan persiapan pelaksanaan program
dengan menyiapkan format-format administrasi, keuangan dan teknis pelaksanaan
serta pelaporan.
Dalam
mempersiapkan yang terkait dengan pencairan perlu disusun terlebih dahulu
Rencana Anggaran Biaya dan Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan. Berikut dijelaskan
bagaimana menyusun kedua dokumen tersebut.
a.
Penyusunan Rencana Anggaran Biaya
Untuk
menghitung perkiraan biaya konstruksi atau Rencana Anggaran Biaya (RAB),
Panitia Rehabilitasi Madrasah harus mempunyai data-data sebagai berikut:
1.
Berdasarkan perkiraan volume setiap item pekerjaan panitia bisa membuat
penyesuaian perhitungan berdasarkan kondisi maupun bahan-bahan yang dipakai di
masing-masing lokasi pembangunan.
2.
Merinci seluruh jenis pekerjaan yang akan dilaksanakan berdasarkan
gambar dan spesifikasi teknis.
3.
Mengelompokkan jenis pekerjaan berdasarkan kelompok pekerjaan sejenis,
dimulai dari pekerjaan persiapan, pekerjaan tanah dan galian pondasi, pekerjaan
struktur, pekerjaan finishing (lantai, dinding, kusen, dan plafond), pekerjaan
atap, pekerjaan M/E dan lain-lain.
4.
Memulai perhitungan jenis pekerjaan di atas dengan satuan m1, m2, m3,
kg, buah, unit dan lumpsum yang didasarkan jenis pekerjaan sesuai dengan gambar
kerja.
5.
Daftar harga bahan/material yang dipakai dalam setiap item pekerjaan
yang berlaku di sekitar wilayah dimana pekerjaan dilaksanakan.
6.
Rumus perhitungan harga satuan item pekerjaan, disajikan pada Tabel
“Analisa Harga Satuan Pekerjaan”.
Analisa harga satuan pekerjaan adalah
perhitungan harga satuan setiap
jenis pekerjaan dalam satuan tertentu (m1, m2, m3, kg, buah).Analisa harga
satuan ini terdiri dari analisis harga bahanbangunan, harga upah dan harga alat
bantu yang disesuaikandengan banyaknya kebutuhan dalam satu satuan
pekerjaantersebut. Banyaknya keperluan bahan, upah, dan alat dihitung
berdasarkan pada formula SNI yaitu indeks atau faktor pengali pada masing-
masing jenis satuan pekerjaan.
Panitia bisa menambahkan item analisa
disesuaikan dengan kondisi dan bahan-bahan yang dipakai di masing-masing lokasi
pembangunan.Perhitungan anggaran biaya adalah hasil perkalian antara volume
pekerjaan dengan harga satuan pekerjaan dari masing-masing jenis pekerjaan.
Untuk lebih jelas, pengertian di atas dapat dijabarkan dalam rumus berikut :
Rencana Anggaran Biaya = Volume Pekerjaan X Harga
Satuan Pekerjaan
Dengan format yang disediakan, Panitia
dapat menyusun perkiraan biaya dalam format Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk
melaksanakan pekerjaan pembangunan.
b.
Penyusunan Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan
Penjadwalan merupakan penerjemahan
tahapan-tahapan pekerjaan konstruksi yang digambarkan dalam skala waktu.Dalam
penyusunan jadwal perlu ditentukan kapan masing-masing kegiatan dimulai dan
diselesaikan, sehingga pembiayaan dan pemakaian sumberdaya dapat diatur
waktunya sesuai keperluannya.Selain itu penjadwalan ini dapat digunakan untuk
lapangan. Dari beberapa cara yang biasa digunakan untuk mengontrol dan
memonitor kemajuan pekerjaan di lapangan, salah satu cara yang sederhana dan
cukup dikenal adalah diagram balok (Bar Chart) seperti dicontohkan berikut :
No. |
Uraian Pekerjaan |
Bulan Ke |
|
|||||||||||||
Bulan Ke 1 |
Bulan Ke 2 |
Bulan Ke 3 |
|
|||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||
1 |
Pekerjaan Persiapan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Pekerjaan Galian dan Urugan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Pekerjaan Pondasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
Pekerjaan Dinding |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
Pekerjaan Kusen, Pintu dan Jendela |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. |
Pekerjaan Cor Atap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. |
Pekerjaan Plafond |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8. |
Pekerjaan lantai |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9. |
Pekerjaan Penggantung dan Pengunci |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10. |
Pekerjaan Instalasi Listrik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11. |
Pekerjaan Instalasi Plumbing dan Drainasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12. |
Pekerjaan Finishing dan Perapihan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Pelaksanaan Pekerjaan
Langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh
Panitia pada saat pelaksanaan pekerjaan antara lain :
1.
Mencairkan dana dari rekening madrasah melalui Kepala Madrasah sesuai
dengan kebutuhan dengan melampirkan Rencana Penggunaan Dana (RPD) dan jadwal
kerja yang telah dibuat;
2.
Melaksanakan program sesuai dengan proposal sebagai Petunjuk Teknis
(Juknis) program;
3.
Mencatat pengeluaran dan pemasukan dicatat dalam Buku Kas Umum (BKU);
4.
Membuat laporan pertanggungjawaban pelaksanaan program;
5.
Panitia wajib membuat dokumentasi progres selama masa pelaksanaan
program berupa foto·foto pelaksanaan program, minimal:
a.
Foto kondisi sebelum pekerjaan dilakukan (0%);
b.
Foto pada saat pencapaian progres pekerjaan fisik 25%, 50% & 75%;
c.
Foto kondisi akhir setelah program selesai dikerjakan (100%).
C. Revisi Pekerjaan
Selama
pelaksanaan pekerjaan, dimungkinkan terjadinya perubahan dari yang telah
direncanakan, dan perubahan tersebut kemungkinan akan terkait dengan volume
maupun biaya pekerjaan, dengan demikian setiap perubahan yang terjadi harus
disertai dengan evaluasi dan dituangkan dalam Berita Acara Revisi. Hasil Revisi
ini harus dicatat dan ditandatangani oleh Ketua PRM dan Kepala Madrasah dan
dikordinasikan dengan Komite/Yayasan.
D. Pengendalian dan Pengawasan
Untuk
menjamin pelaksanaan pekerjaan pembangunan dilaksanakan sesuai dengan
ketentuan, maka perlu dilakukan pembinaan dan pengawasan.
Pengawasan dilakukan oleh instansi resmi, diantaranya
pihak Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat atau instansi yang ditunjuk oleh
Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, pihak Yayasan atau yang ditunjuk oleh
Yayasan, dan Masyarakat. Oleh karenanya Panitia harus melaksanakan program ini
secara transparan dan akuntabel.
BAB V PENUTUP
Di
dalam aspek peningkatan akses madrasah salah satu programnya adalah memberikan
bantuan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) kepada Madrasah Tsanawiyah Tauhidul
Afkar Sukanagalih Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat.
Program ini diberikan kepada Madrasah Tsanawiyah Tauhidul Afkar Sukanagalih
Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat yang memerlukan
penambahan ruang kelas, dengan sistem swakelola dan swadana, sebagai stimulan
dari Pemerintah Daerah dengan memberi kesempatan kepada masyarakat dapat ikut
berpartisipasi membantu mensukseskan penyelesain pembangunan madrasah tersebut.
Dengan
adanya bantuan ini diharapkan madrasah dapat mencapai tujuan akhir dengan
menghasilkan lulusan yang bermutu, cerdas, taat agama dan mandiri dalam IPTEK
dan IMTAQ untuk menghadapi persaingan dalam era globalisasi.
|
|
Pacet, 10 Juni 2021 |
Ketua, Sihabudin, S.Pd.I |
|
Sekertaris Wahab Warisman, S.Pd. |
|
Mengetahui Kepala Madrasah Ai Maskuroh, SE |
|
Tauhidul Afkar merupakan sebuah Lembaga
Pendidikan yang mencakup pendidikan formal dan non formal (kepesantrenan). Nama
Tauhidul Afkar berasal dari kata “Tauhid dan Afkar”. Tauhid artinya kesatuan
atau dapat diartikan pula dengan pusat, dan Afkar artinya berbagai pemikiran.
Jadi Tauhidul Afkar mempunyai arti ”pusat berbagai pemikiran”.
Tauhidul Afkar berdiri sejak tahun 1972, tetapi
hanya memiliki lembaga pendidikan non formal saja yaitu berbentuk pengajian
majlis ta’lim, pengajian diniyah dan pengajian anak-anak pesantren belum berkembang menjadi pendidikan formal,
kemudian pada bulan Juni tahun 2002 Tauhidul Afkar memiliki lembaga pendidikan
formal sekolah lanjutan tingkat pertama yang disebut Madrasah Tsanawiyah
Tauhidul Afkar, dan bersamaan dengan itu Tauhidul Afkar disahkan menjadi sebuah
Yayasan Pendidikan Islam.
1.
Visi, Misi, dan Tujuan
Visi
“Terwujudnya lembaga pendidikan yang mampu
membangun peserta didik yang cerdas dan berakhlak mulia”.
Misi
a. meningkatkan
mutu pembelajaran.
b. mewujudkan
lingkungan madrasah yang berakhlakul karimah.
a. terlaksananya
pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
b. dapat
memenuhi standar isi dan standar proses.
c. memiliki
guru dan karyawan yang dapat melaksanakan tugas sesuai dengan standar pelayanan
yang ditetapkan.
d. terlaksananya
pembelajaran yang bervareasi sesuai dengan mata pelajaran dan karakteristik
siswa.
e. memiliki
sarana dan prasarana yang memadai sesuai dengan kebutuhan.
f. prestasi
akademis meningkat dari tahun ke tahun.
g. menjadi
juara dalam berbagai perlombaan akademis dan non akademis.
h. terwujudnya
kelembagaan dalam menajemen madrasah yang dinamis
2.
Keadaan Guru dan Siswa
a.
Keadaan Guru
Untuk mengetahui tenaga pengajar yang ada di MTs Tauhidul
Afkar ini dapat dilihat dalam tabel di bawah ini:
Keadaan Guru MTs. Tauhidul Afkar
Tahun Pelajaran 2020/2021
Jumlah Guru/Staf |
MTs. Negeri |
Jumlah Guru/Staf |
MTs Swasta |
Keterangan |
Guru
Tetap (PNS) |
- orang |
Guru
Tetap Yayasan |
15 orang |
GTY |
Guru
Kontrak |
- orang |
Guru
Yayasan |
7 orang |
GTTY |
Guru
Honor Sekolah |
- orang |
Guru
PNS Dipekerjakan (DPK) |
1
orang |
Kepala
Sekolah |
Staf
Tata Usaha |
- orang |
Staf
Tata Usaha |
3 orang |
|
KEADAAN PENDIDIKAN GURU DAN KARYAWAN |
|||||||
NO. |
Status Guru |
PENDIDIKAN |
|
||||
|
|
S1 |
D3 |
D2 |
D1 |
SMA |
JUMLAH |
1 |
PNS |
|
|
|
|
|
|
2 |
GTY |
13 |
|
|
|
2 |
15 |
3 |
GTT |
5 |
1 |
|
|
1 |
7 |
4 |
HONDA |
|
|
|
|
|
|
5 |
KONTRAK |
|
|
|
|
|
|
6 |
TENAGA ADMINISTRASI |
1 |
|
|
|
2 |
3 |
b.
Keadaan Siswa
Untuk mengetahui jumlah siswa
di MTs Tauhidul Afkar dapat dilihat dalam tabel di bawah ini:
Keadaan Siswa MTs Tauhidul Afkar
Tahun Ajaran 2015/2016 - 2020/2021
Tahun Pelajaran |
Jml. Pendaftar (Calon Siswa Baru) |
Kelas VII |
Kelas VIII |
Kelas IX |
Jml. Total Siswa (Kelas VII+VIII+IX) |
|||
Jumlah Siswa |
Jumlah Rombel |
Jumlah Siswa |
Jumlah Rombel |
Jumlah Siswa |
Jumlah Rombel |
|||
2015/2016 |
208 |
170 |
4 |
163 |
4 |
89 |
3 |
422 |
2016/2017 |
210 |
157 |
4 |
139 |
4 |
138 |
3 |
433 |
2017/2018 |
105 |
73 |
2 |
133 |
4 |
117 |
3 |
327 |
2018/2019 |
83 |
75 |
3 |
69 |
2 |
121 |
3 |
265 |
2019/2020 |
102 |
86 |
3 |
75 |
2 |
112 |
3 |
273 |
2020/2021 |
107 |
96 |
3 |
84 |
3 |
72 |
2 |
252 |
Keadaan bangunan
Jenis Ruangan |
Jumlah
(buah) |
Ukuran
(m2) |
Jenis Ruangan |
Jumlah (buah) |
Ukuran (m2) |
1. Kelas |
7 |
7
x 8 |
|
|
|
2. Kantor |
1 |
7
x 8 |
|
|
|
3. Lab. Comp. |
1 |
7 x 8 |
|
|
|
4. Perpustakaan |
1 |
7 x 8 |
|
|
|
Gambaran Lokasi
Nomor Statistik Madrasah :12.1.23.20.30.067
Nomor Pokok Sekolah Nasional :20278015
Nama Madrasah Tsanawiyah :TAUHIDUL AFKAR
Alamat :Jalan
: Mariwati
Kampung : Cibadak
Desa :
Sukanagalih
Kecamatan : Pacet
Kabupaten :
Cianjur
Provinsi : Jawa
Barat
Kode Pos :
43253
Telepon :
Email :
tauhidulafkar91@gmail.com
Situs :
tauhidulafkar.blogspot.com
Tahun Berdiri :2002
Status Madrasah :Swasta
Status Akreditasi :B ( terdaftar )
Tahun Akreditasi :2019
Waktu Belajar :Pagi
Nama Yayasan (bagi Swasta) :YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM TAUHIDUL AFKAR
Alamat Yayasan dan No. Telp :JL.
MARIWATI KP. CIBADAK PESANTREN DS. SUKANAGALIH
TELP. 0263 - 519708
Kepemilikan Tanah :
a.
Status
Tanah : Wakaf (Sertakan copynya)
b.
Luas
Tanah : 1.362 m2
Status Bangunan milik : Yayasan
Luas Seluruh bangunan : 571 m2
*)
coret yang tidak perlu
RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)
NO. |
URAIAN PEKERJAAN |
VOLUME |
HARGA SATUAN |
JUMLAH |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
I |
PEKERJAAN PERSIAPAN |
|
|
|
|
1 |
Pembersihan Lahan |
200 |
m2 |
3,000 |
600,000 |
2 |
Pemasangan Bouwplank |
60 |
m' |
8,000 |
480,000 |
3 |
Pembelian Alat-alat Pekerjaan |
1 |
paket |
1,500,000 |
1,500,000 |
4 |
Pembelian Tempat
Air |
1 |
buah |
800,000 |
800,000 |
|
|
|
|
Jumlah I |
3,380,000 |
II |
PEKERJAAN TANAH |
|
|
|
|
1 |
Galian Tanah Pondasi |
50 |
m3 |
40,000 |
2,000,000 |
2 |
Pemasangan Pancang
Bambu |
100 |
batang |
7,000 |
700,000 |
3 |
Galian Tanah Cakar Ayam |
18 |
m3 |
40,000 |
720,000 |
4 |
Urugan Pasir
Dasar Pondasi |
4 |
m3 |
130,000 |
520,000 |
|
|
|
|
Jumlah II |
3,940,000 |
III |
PEKERJAAN PASANG PONDASI |
|
|
|
|
1 |
Batu Kali |
30 |
m3 |
140,000 |
4,200,000 |
2 |
Pasir Pasang |
30 |
m3 |
155,000 |
4,650,000 |
3 |
Semen Tiga Roda |
70 |
zak |
76,000 |
5,320,000 |
4 |
Ember |
20 |
buah |
10,000 |
200,000 |
5 |
Benang Gulung |
3 |
gl |
10,000 |
30,000 |
|
|
|
|
Jumlah III |
14,400,000 |
IV |
PEKERJAAN SLUP BAWAH |
|
|
|
|
1 |
Besi 12 FL SNI |
60 |
batang |
112,500 |
6,750,000 |
2 |
Besi 10 FL SNI |
50 |
batang |
74,000 |
3,700,000 |
3 |
Besi 6 FL SNI |
30 |
batang |
32,000 |
960,000 |
4 |
Tali Kawat |
8 |
kg |
20,000 |
160,000 |
5 |
Papan Cor |
0.5 |
m3 |
1,400,000 |
700,000 |
6 |
Paku 7/5 |
8 |
kg |
15,000 |
120,000 |
7 |
Semen Tiga Roda |
80 |
zak |
65,000 |
5,200,000 |
|
|
|
|
Jumlah IV |
17,590,000 |
V |
PEKERJAAN BAHAN COR PASIR BETON/BATU |
|
|
|
|
1 |
Pasir Cor |
20 |
m3 |
185,000 |
3,700,000 |
2 |
Batu Kerikil |
20 |
m3 |
200,000 |
4,000,000 |
|
|
|
|
Jumlah V |
7,700,000 |
VI |
PEKERJAAN KOLOM COR/CAKAR AYAM |
|
|
|
|
1 |
Besi 12 FL SNI |
40 |
batang |
98,000 |
3,920,000 |
2 |
Besi 10 FL SNI |
60 |
batang |
74,000 |
4,440,000 |
3 |
Besi 6 FL SNI |
40 |
batang |
32,000 |
1,280,000 |
4 |
Tali Kawat |
15 |
kg |
20,000 |
300,000 |
|
|||||
5 |
Papan Cor |
1 |
m3 |
1,400,000 |
1,400,000 |
6 |
Kayu Kaso |
1 |
m3 |
1,400,000 |
1,400,000 |
7 |
Paku (7 cm, 10, cm dan 5 cm) |
12 |
kg |
15,000 |
180,000 |
8 |
Semen Tiga Roda |
35 |
sak |
84,000 |
2,940,000 |
|
|
|
|
Jumlah VI |
15,860,000 |
VII |
PEKERJAAN PASANG BATA/KUSEN |
|
|
|
|
1 |
Bata Merah |
16,000 |
buah |
650 |
10,400,000 |
2 |
Pasir Pasang |
15 |
m3 |
135,000 |
2,025,000 |
3 |
Semen Tiga Roda |
60 |
sak |
84,000 |
5,040,000 |
4 |
Bambu Esteger |
60 |
batang |
7,000 |
420,000 |
5 |
Kusen Pintu |
4 |
buah |
250,000 |
1,000,000 |
6 |
Kusen Jendela |
12 |
buah |
200,000 |
2,400,000 |
|
|
|
|
Jumlah VII |
21,285,000 |
VIII |
PEKERJAAN COR BALOK ATAS |
|
|
|
|
1 |
Besi 12 FL SNI |
40 |
batang |
112,500 |
4,500,000 |
2 |
Besi 10 FL SNI |
40 |
batang |
97,000 |
3,880,000 |
3 |
Besi 6 FL SNI |
30 |
batang |
32,000 |
960,000 |
4 |
Papan |
1 |
m3 |
1,400,000 |
1,400,000 |
5 |
Pasir Beton |
5 |
m3 |
175,000 |
875,000 |
6 |
Batu Kerikil |
11 |
m3 |
200,000 |
2,200,000 |
7 |
Bambu Penunjang |
40 |
batang |
7,000 |
280,000 |
8 |
Semen Tiga Roda |
25 |
sak |
84,000 |
2,100,000 |
9 |
Tali Kawat |
5 |
kg |
20,000 |
100,000 |
10 |
Paku (7 cm, 10 cm, dan 5 cm) |
12 |
kg |
18,000 |
216,000 |
|
|
|
|
Jumlah VIII |
16,511,000 |
IX |
PEKERJAAN ATAP |
|
|
|
|
1 |
Besi 8 FL SNI |
500 |
batang |
62,000 |
31,000,000 |
2 |
Besi 6 FL SNI |
50 |
batang |
32,000 |
1,600,000 |
3 |
Papan |
5 |
m3 |
1,400,000 |
7,000,000 |
4 |
Bambu |
500 |
batang |
10,000 |
5,000,000 |
5 |
Kayu Kaso 6x6 |
2 |
m3 |
1,400,000 |
2,800,000 |
6 |
Tali Kawat |
20 |
kg |
20,000 |
400,000 |
7 |
Semen Tiga Roda |
80 |
sak |
84,000 |
6,720,000 |
8 |
Ember Aduk |
30 |
buah |
10,000 |
300,000 |
9 |
Pasir beton |
18 |
m3 |
200,000 |
3,600,000 |
10 |
Batu Kerikil |
15 |
m3 |
214,000 |
3,210,000 |
11 |
Paku (7 cm, 10 cm, dan 5 cm) |
3 |
dus |
350,000 |
1,050,000 |
|
|
|
|
Jumlah IX |
62,680,000 |
X |
PEKERJAAN PELISTER ACI |
|
|
|
|
1 |
Pasir Pasang |
15 |
m3 |
200,000 |
3,000,000 |
2 |
Semen Tiga Roda |
40 |
sak |
84,000 |
3,360,000 |
3 |
Kelasid |
35 |
bal |
22,000 |
770,000 |
4 |
Benang |
2 |
gl |
10,000 |
20,000 |
|
|
|
|
Jumlah X |
7,150,000 |
XI |
PEKERJAAN PASANG PLAFOND |
|
|
|
|
1 |
Kaso Merah 6x6 |
3 |
m3 |
1,800,000 |
5,400,000 |
2 |
GRC |
200 |
m2 |
22,500 |
4,500,000 |
3 |
Lis Kayu 3x3 |
250 |
m3 |
8,000 |
2,000,000 |
4 |
Paku Jalosi |
5 |
pak |
350,000 |
1,750,000 |
5 |
Paku7 cm dan 10 cm |
30 |
kg |
18,000 |
540,000 |
6 |
Benang |
2 |
gl |
10,000 |
20,000 |
|
|
|
|
Jumlah XI |
14,210,000 |
XII |
PEKERJAAAN PASANG KERAMIK |
|
|
|
|
1 |
Keramik 40/40 |
195 |
m2 |
55,000 |
10,725,000 |
2 |
Pasir Pasang |
10 |
m3 |
200,000 |
2,000,000 |
3 |
Semen Tiga Roda |
75 |
sak |
84,000 |
6,300,000 |
4 |
Oker Keramik |
15 |
bks |
8,500 |
127,500 |
5 |
Benang |
2 |
gl |
10,000 |
20,000 |
6 |
Pemotong Keramik |
1 |
buah |
350,000 |
350,000 |
|
|
|
|
Jumlah XII |
19,522,500 |
XIII |
PEKERJAAN PASANG PINTU/RAM KACA |
|
|
|
|
1 |
Daun Pintu |
4 |
buah |
450,000 |
1,800,000 |
2 |
Ram Kaca |
24 |
buah |
150,000 |
3,600,000 |
3 |
Kaca Mati |
10 |
buah |
50,000 |
500,000 |
4 |
Kunci Pintu |
2 |
buah |
100,000 |
200,000 |
5 |
Engsel Pintu |
6 |
buah |
25,000 |
150,000 |
6 |
Engsel Jendela |
24 |
set |
17,500 |
420,000 |
7 |
Aksesoris Jendela |
1 |
set |
400,000 |
400,000 |
|
|
|
|
Jumlah XIII |
7,070,000 |
XIV |
PEKERJAAN PENGECATAN |
|
|
|
|
1 |
Cat Tembok
Romatek |
10 |
pail |
280,000 |
2,800,000 |
2 |
Cat Kayu Glotex |
10 |
kg |
45,000 |
450,000 |
3 |
Dempul Kayu |
4 |
kg |
35,000 |
140,000 |
4 |
Thinner/Minyak Cat |
10 |
kg |
18,000 |
180,000 |
5 |
Aksesoris Cat |
1 |
paket |
300,000 |
300,000 |
|
|
|
|
Jumlah XIV |
3,870,000 |
XV |
PEKERJAAN PASANG LISTRIK |
|
|
|
|
1 |
Kabel Interna
isi 2 |
4 |
gl |
380,000 |
1,520,000 |
2 |
Lampu Neon |
10 |
buah |
60,000 |
600,000 |
3 |
Saklar |
8 |
buah |
15,000 |
120,000 |
4 |
Aksesoris Listrik |
1 |
paket |
500,000 |
500,000 |
|
|
|
|
Jumlah XV |
2,740,000 |
XVI |
UPAH TENAGA KERJA |
|
|
|
|
1 |
Pekerja |
200 |
HOK |
75,000 |
15,000,000 |
2 |
Tukang |
200 |
HOK |
120,000 |
24,000,000 |
3 |
Kepala Tukang |
120 |
HOK |
120,000 |
14,400,000 |
|
|
|
|
Jumlah XVI |
53,400,000 |
XVI I |
PEKERJAAN MEUBELER |
|
|
|
|
1 |
Lomari |
4 |
Unit |
1,500,000 |
6,000,000 |
2 |
Meja Guru |
10 |
Unit |
450,000 |
4,500,000 |
3 |
Kursi Guru |
10 |
Unit |
165,000 |
1,650,000 |
4 |
Meja Siswa |
40 |
Unit |
195,000 |
7,800,000 |
5 |
Kursi Siswa |
80 |
Unit |
120,000 |
9,600,000 |
|
|
|
|
Jumlah XVI |
29,550,000 |
Total |
300,000,000 |
KEPUTUSAN
KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH T AUHIDUL AFKAR SUKANAGALIH KABUPATEN CIANJUR PROVINSI JAWA BARAT
NOMOR : MTs.10.03.067/PP.005/SK/044/VI/2021
TENTANG
PENETAPAN PANITIA PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU
Bismillahirrohmaanirrahim
Menimbang |
: 1. |
Bahwa dalam
rangka peningkatan mutu
Madrasah dan
pemerataan pelayanan pendidikan, pemerintah telah mengembangkan Program
Bantuan Hibah Pembangunan Ruang Kelas Baru Madrasah Tsanawiyah Tauhidul Afkar Desa Sukanagalih Kecamatan Pacet di bawah
naungan Yayasan Islam Tauhidul Afkar, Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat; |
|
2. |
Bahwa untuk
menunjang kelancaran dan akuntabilitas pelaksanaan program bantuan Ruang Kelas Baru
Madrasah Tsanawiyah Tauhidul Afkar Desa Sukanagalih Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat perlu dibentuk panitia pelaksanaan pekerjaan. |
Mengingat |
: 1. |
UU No. 20 Tahun
2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional; |
|
2. |
PP No.
19 Tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan; |
|
3. |
Permendiknas No. 24 Tahun 2007 tentang
Standar Sarana Prasarana SD/MI, SLTP/MTs, dan SMA/MA; |
|
4. |
Anggaran Dasar dan Anggaran
Rumah Tangga Yayasan
Pendidikan Islam Tauhidul Afkar, |
|
5. |
Hasil Rapat Pengurus Yayasan,
Komite Madrasah dan Kepala Madrasah dan Dewan Guru tentang
Pembentukan Panitia Pembangunan Ruang Kelas Baru, pada tanggal 27 Maret 2021. |
MEMUTUSKAN
Menetapkan :
Pertama :
Menetapkan Susunan Panitia Pembangunan Ruang Kelas Baru Madrasah
Tsanawiyah Tauhidul Afkar Desa Sukanagalih Kecamatan Pacet di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Tauhidul Afkar, Kabupaten
Cianjur Provinsi Jawa Barat sebagaiman tertuang pada lampiran Keputusan ini.
Kedua : Panitia Sebagaimana Butir pertama di atas sebagai
pelaksana teknis Program
Pembangunan Ruang Kelas Baru Madrasah Tsanawiyah Tauhidul Afkar Desa
Sukanagalih Kecamatan
Pacet di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Tauhidul Afkar, Kabupaten Cianjur, dengan tugas pokok
sebagaimana dituangkan dalam petunjuk pelaksanaan.
Ketiga : Surat keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan apabila
dikemudian hari terdapat kekeliruan, maka akan ditinjau
ulang sebagaimana mestinya.
Pacet, 10 Juni 2021
Kepala Madrasah
Ai Maskuroh, SE
LAMPIRAN
KEPUTUSAN
KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NH SUKANAGALIH KABUPATEN
CIANJUR PROVINSI JAWA BARAT
NOMOR : MTs.10.03.067/PP.005/SK/044/VI/2021
TENTANG
PENETAPAN PANITIA PEMBANGUNAN RUANG
KELAS BARU
Tanggal, 10 Juni 2021
SUSUNAN PANITIA PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU
NO. |
NAMA DAN ALAMAT |
JABATAN
DALAM KEPANITIAAN |
JABATAN
DI LUAR KEPANITIAAN |
1 |
Ai Maskuroh, SE |
Penanggung jawab |
Kepala Madrasah |
2 |
Sihabudin, S.Pd.I |
Ketua |
Guru |
3 |
Wahab Warisman, S.Pd. |
Sekretaris |
Guru |
4 |
Alisha Suryani,M.Pd. |
Bendahara |
Bendahara Rutin |
5 |
Khumairoh AlQuais, S.Si |
Administrasi Keuangan |
Guru |
6 |
Ahmad Bariji, S.Pd. |
Kepala Bidang
teknis |
Komite |
Pacet, 10 Juni 2021
Kepala Madrasah
Ai Maskuroh,
SE
SURAT PERNYATAAN
BAHWA KEGIATAN
TIDAK DUPLIKASI BIAYA
Yang
bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Ai Maskuroh, SE
Jabatan : Kepala Madrasah
Alamat : Jl. Pinang Rt. 02/03 Desa Pamulang Timur Kecamatan Pamulang Kabupaten Tangerang Selatan Provinsi Banten
Dalam
hal ini bertindak untuk dan atas nama Kepala Madrasah Tsanawiyah Tauhidul Afkar Sukanagalih :
Nama Madrasah :
MTs. Tauhidul Afkar Sukanagalih
Alamat Madrasah : Kp. Cibadak Girang Rt. 001/001 Desa Sukanagalih
Kecamatan PacetKabupaten Cianjur Provinsi
Jawa Barat
Dengan ini menyatakan bahwa kegiatan tidak
duplikasi biaya.
Demikian surat pernyataan ini kami buat untuk diketahui dan dipergunakan
sebagaimana mestinya.
|
|
Pacet, 10 Juni 2021 |
|
|
Kepala Madrasah Materai Ai Maskuroh, SE |
Lampiran-Lampiran
Foto KTP Bendahara
Foto Rekening MTs Tauhidul Afkar
AKTA NOTARIS
KEMENKUMHAM
NIB
NPWP MTs
Foto Rencana Lokasi
Pembangunan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar