20 September 2019

Komponen Akreditasi 2019 - Standar 3 SKL

Pembuktian didukung dengan:
31. c
Pembuktian:
  1. 1) disediakan oleh sekolah ==> Program Sekolah/Rencana Kerja/Pelaksanaan Program
  2. 2) observasi langsung oleh assessor
  3. 3) wawancara langsung oleh assessor
32.
  1. 1) disediakan oleh sekolah ==> Rencana Kerja/Pelaksanaan kegiatan
  2. Dokumentasi, Catatan Konselor, Jurnal Siswa dan Guru
  3. 2) observasi langsung oleh assessor
  4. 3) wawancara langsung oleh assessor
33.
  1. 1) disediakan oleh sekolah ==> Rencana Kerja/Pelaksanaan kegiatan literasi
  2. Dokumentasi
  3. 2) observasi langsung oleh assessor
  4. 3) wawancara langsung oleh assessor
34.
  1. 1) disediakan oleh sekolah ==> Rencana, Laporan dan Dokumentasi Kesiswaan
  2. Daftar hadir, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan UKS, Kantin dan Bina Mental (Bina mental parah pisan nu kieu mah pan aya nu sanes). 22222Prestasi dalam bidang olahraga dan seni. 222222Catatan perkembangan siswa dari PJOK, Wali Kelas, Guru BK, dan Kepala Sekolah/Madrasah.
  3. 2) wawancara langsung oleh assessor
  4. 3) observasi langsung oleh assessor
35.
  1. 1) disediakan oleh sekolah ==> Silabus, RPP, Portofolio dan Pelaporan Kegiatan, Penilaian
  2. 2) wawancara langsung oleh assessor
  3. 3) observasi langsung oleh assessor
36.
  1. 1) disediakan oleh sekolah ==> Program Pembelajaran, Laporan Praktik/Penelitian, Laporan Pelaksanan Studi Wisata, Seminar, Workshop, Peragaan, Pameran, Pementasan Seni. dll.
  2. 2) observasi langsung oleh assessor
  3. 3) wawancara langsung oleh assessor
37.
  1. 1) disediakan oleh sekolah ==> RPP, Laporan tugas dan Kegiatan oleh siswa, Bahan dan Dokumentasi presentasi tugas, SK Kepanitiaan, dan Laporan Kegiatan, Surat Tugas/SK penyusunan Program Sekolah.
  2. 2) observasi langsung oleh assessor
  3. 3) wawancara langsung oleh assessor

Komponen Akreditasi 2019

Instrumen akreditasi SMP/MTS yang meliputi 8 (delapan) komponen sesuai dengan standar nasional pendidikan:
  1. Komponen standar isi nomor 1—9;
  2. Komponen standar proses nomor 10—30;
  3. Komponen standar kompetensi lulusan nomor 31—37;
  4. Komponen standar pendidik dan tenaga kependidikan nomor 38—56;
  5. Komponen standar sarana dan prasarana nomor 57—80;
  6. Komponen standar pengelolaan nomor 81—95;
  7. Komponen standar pembiayaan nomor 96—111; dan
  8. Komponen standar penilaian nomor 112—124.
Pembuktian:

  1. Komponen Standari Isi

  2. Komponen Standari Proses

  3. Komponen Standari Kompetensi Lulusan == fokus kerjaanku
    • Bu Popi Syafi'ah, Aku sendiri Dudi Ridwan, dan Priyatna Wiguna
  4. Komponen Standari Pendidik dan Tenaga Kependidikan

  5. Komponen Standari Sarana dan Prasarana

  6. Komponen Standari Pengelolaan

  7. Komponen Standari Pembiayaan

  8. Komponen Standari Penilaian

Akreditasi 2019


Buka disini

=======

=======

Akreditasi 2017

Sumber: https://ayomadrasah.blogspot.com/2017/04/instrumen-perangkat-akreditasi-smp-mts-2017.html

1. Instrumen dan Perangkat Akreditasi SMP-MTs Tahun 2017


Di awal artikel sudah dijelaskan bahwa perangkat akreditasi terbaru telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 003/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi untuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Peraturan ini sendiri, telah disahkan pada tanggal 10 Maret 2017 silam.

Dalam peraturan Nomor : 003/H/AK/2017 tersebut memuat antara lain:
  • Instrumen Akreditasi
  • Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditasi
  • Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung
  • Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi

Instrumen akreditasi SMP/MTs tahun 2017 memuat 8 komponen standar pendidikan nasional. Yang kesemuanya memuat 124 butir yang terdiri atas:
  • Komponen Standar Isi, nomor 1 - 9 (9 butir)
  • Komponen Standar Proses, nomor 10 - 30 (21 butir)
  • Komponen Standar Kompetensi Lulusan, nomor 31 - 37 (7 butir)
  • Komponen Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, nomor 38 - 56 (19 butir)
  • Komponen Standar Sarana dan Prasarana, nomor 57 - 80 (24 butir)
  • Komponen Standar Pengelolaan, nomor 81 - 95 (15 butir)
  • Komponen Standar Pembiayaan, nomor 96 - 111 (16 butir)
  • Komponen Standar Penilaian, nomor 112 - 124 (13 butir)

2. Peringkat Nilai Akreditasi 2017


Yang juga mengalami perubahan adalah sistem penilaian dan pemeringkatan hasil akreditasi tahun 2017. Ini berlaku bagi semua jenjang pendidikan termasuk akreditasi SMP/MTs.

Pemeringkatannya dikategorikan dalam dua kelompok yaitu Sekolah/Madrasah terakreditasi dengan peringkat A, B, dan C, serta Sekolah/Madrasah tidak terakreditasi.
  • Sekolah/Madrasah memperoleh peringkat akreditasi dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Memperoleh nilai antara 91 - 100, mendapatkan peringkat A (Unggul)
    • Memperoleh nilai antara 81 - 90, mendapatkan peringkat B (Baik), dan\
    • Memperoleh nilai antara 71 - 80, mendapatkan peringkat C (Cukup)
  • Sekolah/Madrasah yang tidak terakreditasi adalah yang mendapatkan nilai akhir sebagai berikut:
    • Memperoleh nilai antara 61 - 70 (Peringkat akreditasi D atau Kurang)
    • Memperoleh nilai antara 0 - 60 (Peringkat akreditasi E atau Sangat Kurang)

3. Download Instrumen dan Perangkat Akreditasi SMP-MTs 2017


Instrumen dan perangkat akreditasi SMP/MTs Tahun 2017 sebagaimana Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 003/H/AK/2017 dapat diunduh di situs resmi BAN-SM. Sebagai alternatif, Blog Ayo Madrasah telah menyediakan link mirror download. Untuk mengunduhnya, silakan klik link berikut ini:
  • Instrumen dan Perangkat Akreditasi SMP-MTs 2017, KLIK DI SINI
  • POS Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah 2017, KLIK DI SINI


BARU:

Demikian instrumen dan perangkat akreditasi SMP/MTS tahun 2017. Tentunya instrumen dan perangkat tersebut akan sangat bermanfaat bagi madrasah yang hendak mengikuti akreditasi di tahun 2017 ini.

14 Juni 2018

Supervisi Akademik

SUPERVISI AKADEMIK PRA PENGAMATAN
Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017










Nama Guru
:
0






NIP/NUPTK
:
0






Pangkat Golongan
:
0






Mata Pelajaran
:
0
Jml. JTM
: 
Jam/minggu











No
Pernyataan
Nilai
4
3
2
1
1
KD/Indikator apa yang akan Saudara sajikan?

3


2
Metode apa yang akan Saudara gunakan dalam pembelajaran KD ini? Apa alasan Saudara memilih metode tersebut?
4



3
Alat dan bahan (Sumber Belajar) apakah yang Saudara siapkan? Jelaskan alasannya!
4



4
Ceritakan tahapan pembelajaran yang akan Saudara sajikan!

3


5
Persiapan tertulis apa saja yang Saudara buat?
4



6
Materi apa yang dianggap sulit oleh siswa berdasarkan perkiraan Saudara? Jika ada, materi apa? Jelaskan alasan Saudara?
4



7
Kompetensi apa yang bisa dimiliki siswa setelah mengikuti pelajaran  sesuai dengan harapan Saudara?
4



8
Apa yang perlu mendapat perhatian khusus pada pembelajaran kali ini?
4



JUMLAH SKOR
24
6
0
0
JUMLAH SELURUH SKOR
30
NILAI
75
KATAGORI
Baik
TINDAK LANJUT
Pktn Kap.











Mengetahui :



Cianjur
........................2014



Kepala Madrasah,



Guru Mata Pelajaran,
































 AI MASKUROH,SE



0





NIP. 1150752654300043.


NIP. 0







Pengawas/Supervisor,







































Moh. Kamaludin









NIP. 196603231999031002.






Kontak dan Donasi

Kontak

MTs. Tauhidul Afkar
Jl. Hanjawar-Pacet KM. 6 Cianjur 43253
Yawa Barat, Indonesia
  • Layanan Setiap Hari Kerja - Minggu Libur
  • Phone: (0263) 253 3206
  •   +62-NOTELPKETUA
  • emteestauhidulafkar@gmail.com

Donasi

  • Rekening MTs. Tauhidul Afkar
  • Bank:
  • No. Rekening: ----------- | An/: MTs. Tauhidul Afkar

Lokasi MTs. Tauhidul Afkar

Lokasi SMAPTA

Yapista Pagesite

Yapista Bisa